Masalah klasik: tentang masa depan. yang masih misteri.

dari judulnya sudah jelas. masalah klasik. masalah yang hanya waktu yang akan menjawabnya.

saya pernah dengar; ciri-ciri orang sukses itu 5 tahun kedepan sudah tahu apa yang mereka akan lakukan. sedangkan orang gagal bahkan 5 menit kedepan tidak tahu apa yang akan mereka lakukan.

itu bukan kata-kata saya.

kata-kata yang entah dari mana saya dengar ini, telah membuat saya termenung lama. akan jadi apa saya 5 tahun kedepan.

perlukah saya merencanakannya dengan matang?
seperti kota yang mesti direncanakan?

tapi kemudian saya sadar. ini adalah kehidupan. bukan kota dengan segala problematika yang sagat kompleks.

termenung memikirkan masa depan yang masih sangat misteri adalah kegiatan yang sangat membuang-buang waktu. ini bukan masalah 5 tahun kedepan, tapi ini adalah masalah hari ini. karena apa yang akan kita lakukan hari ini adalah cerminan apa yang akan terjadi di 5 tahun berikutnya.

wawasan menentukan tindakan. tindakan menentukan masa depan.

perluas wawasan. dan hiduplah hari ini!

Tinggalkan Balasan

