5 Keuntungan Menjadi Mahasiswa Angkatan ‘Tua’

_MG_4714Ayolah, jangan bersedih melihat teman-temanmu mulai banyak meninggalkanmu di kampus. Lulus kuliah juga bukan ajang balap-balapan tentang siapa yang paling cepat selesai. Ini bukan kompetisi Formula One dan kita bukan Sebastian Vettel yang harus memenangi lomba. Kuliah bukan seperti masa putih abu-abu yang sama-sama masuk, bersamaan juga lulus. Bukan.

Apapun alasannya sehingga sampai detik ini masih berstatus mahasiswa tetap harus dilihat dari sisi positifnya. Entah itu karena asyik kerja sambilan, sibuk berorganisasi, atau memang karena betah di kampus karena banyak cewek cantiknya.

Berikut lima keuntungan menjadi mahasiswa angkatan tua, yang mungkin kita tidak menyadari;

  1. Lebih dihormati oleh Junior.
    Dengan statusmu sebagai mahasiswa angkatan paling tua, membuat beberapa mahasiswa yang berada di ‘bawahmu’ akan lebih segan. Layaknya di sebuah perkumpulan, pasti selalu ada orang yang cukup di-tua-kan dalam segala hal. Kamu akan mengambil peran ini, dan terkadang kamu harus cukup bijak ketika dimintai beberapa masukan tentang berbagai pesoalan kampus, atau mungkin hal sederhana tentang bagaimana seharusya sebuah acara himpunan diadakan. Atau hal sepele lainnya.Tapi percayalah ini tidak terlalu menyenangkan.
  2. Masih bisa dapat Jajan dari Orang Tua
    Lulus kuliah tidak semerta-merta membuatmu langsung diterima di perusahaan besar dan mempunyai gaji yang tinggi. Kamu harus bersaing dengan ratusan ribu sarjana lainnya untuk bisa diterima. Inilah membuat beberapa mahasiswa yang baru lulus akan ‘sekarat’ secara finansial, mau minta jajan ke orang tua juga sudah tidak enak. Malu katanya. Berbeda dengan mahasiswa, walaupun sudah semester tua kamu bisa-bisa saja meminta jajan ketika memang lagi bokek. Walaupun pasti ada-ada saja terselip pertanyaan “Kamu kapan wisuda?”.
  3. Perlakuan Khusus oleh Dosen
    Ini tidak berlaku terhadap dosen yang memang pada dasarnya killer. Kenapa? karena ketika kamu harus mengulang beberapa mata kuliah, dosen yang mengetahuimu sudah beberapa kali mengulang biasanya sudah memiliki toleransi dan melunak terhadap nilaimu. Beberapa dosen bahkan hanya akan memberikan ujian perbaikan atau tugas dan kamu tak perlu susah-susah hadir setiap minggu untuk mengikuti perkuliahannya.
  4. Awet Muda
    Angkatan boleh tua. Tapi jangan salah, karena seringnya ketemu dengan angkatan yang lebih muda dan muka masih unyu-unyu jadi malah ketularan mudanya. Tidak hanya itu, semangat jiwa muda yang masih berkobar pada mahasiswa semester-semester awal  juga akan tertular dan kamu akan lebih semangat untuk menjalani sisa kuliah di penghujung semester.
  5. Lebih Siap Setelah Lulus
    Selalu tidak ada jaminan setelah kamu menyelesaikan perkuliahan, apakah kamu langsung memiliki pekerjaan atau tidak. Itu semua tergantung dengan kerja kerasmu selama ini dan yang paling penting adalah keberuntungan.  Tapi setidaknya, kamu seharusnya memiliki pengalaman yang lebih baik untuk menghadapi kehidupan sesungguhnya yaitu setelah gelar sarjana disematkan di belakang namamu.Karena kuliah hanya tempat persinggahan sementara yang penuh cobaan dan rintangan, kehidupan sesungguhnya yaitu setelah sarjana.  Jadi apapun alasannya masih tetap berstatus mahasiswa, semoga itu adalah alasan yang baik.

Itulah lima keuntungan menjadi mahasiswa angkatan tua menurut saya. Semoga tidak mengada-ada, jika ada yang ingin dikoreksi silakan berkomentar. Yang penting jangan bertanya kapan wisuda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s